Samsung Belum Puas

Seoul - Samsung sukses menjadi perusahaan elektronik yang disegani di dunia. Namun perusahaan asal Korea Selatan ini tidak serta merta merasa puas.

Samsung Electronics yang saat ini bernilai USD 288 miliar adalah produsen ponsel dan televisi terbesar di dunia. Mereka memiliki sekitar 470 ribu karyawan.


Lee Kun Hee, Chairman Samsung yang disebut sebut sebagai otak kesuksesan perusahaan, berharap agar para karyawan tidak cepat puas.


"Selagi kita melangkah ke depan, kita harus menolak perasaan puas dan merasa sudah cukup baik, karena hal-hal itu akan menghalangi kita untuk menjadi lebih baik lagi," tulis Lee baru baru ini dalam email pada para karyawan Samsung.


Dua dekade lalu, Lee meletakkan pondasi kesuksesan Samsung yang saat itu masih dinilai perusahaan elektronik murahan, dengan semboyan 'ubah semua hal kecuali istri dan anakmu'. Samsung pun sejak saat itu, perlahan tapi pasti menapak pada kejayaan.


Tahun lalu saja, seperti dikutip detikINET dari NYTimes, Senin (16/12/2013), Samsung mengapalkan 215 juta smartphone, dengan pangsa pasar 40%. Tahun 2013 ini, mereka diprediksi mengapalkan sekitar 350 juta unit smartphone.


Namun persaingan yang ketat diprediksi akan mengikis keuntungan divisi ponsel Samsung pada tahun depan. Tak heran jika bos Samsung meminta karyawannya tetap waspada dan bekerja keras.


(fyk/fyk)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!