Huawei: Layar UHD Bikin Ponsel Boros Baterai

Jakarta - Produsen lain mungkin sudah ada yang punya rencana untuk membenamkan layar UHD (3840x2160 pixel) pada ponsel besutannya. Tapi Huawei telah memastikan tidak melakukan hal tersebut. Alasannya, karena dianggap bikin boros baterai.

Kevin Ho, President Handset Product Line Huawei mengatakan, layar QHD butuh daya yang cukup besar untuk beroperasi. Menurutnya, hal itu jadi masalah besar yang dapat mempengaruhi daya tahan baterai.


“Layar 4K (UHD-red) di ponsel cuma bisa memberi ketahanan baterai selama setengah hari. Bandingkan ponsel dengan layar 2K (QHD-red) yang bisa bertahan sehari penuh bahkan lebih,” ujar Ho, seperti detikINET kutip dari GSM Arena, Senin (2/2/2015).


“Layar 4K punya empat kali lebih banyak jumlah pixel dibanding layar Full HD. Jadi konsumsi dayanya mungkin bisa empat kali sampai delapan kali lebih besar, yang mana hal itu bisa jadi masalah besar untuk sebuah ponsel,” tambahnya.


Pun begitu Ho mengakui kualitas resolusi 4k yang menurutnya mengagumkan bila diimplementasikan di layar berukuran lebar. Tapi keadaan berbalik saat dibenamkan di layar ponsel yang ukurannya hanya sekitar 5 inch sampai 6 inch.


“Pengguna bakal sulit untuk menemukan perbedaan kualitas antara resolusi 4K dan resolusi 2K pada layar ponsel yang ukurannya hanya 5 inch sampai 6 inch,” pungkas Ho.


(yud/fyk)