Oppo: Pabrik di Indonesia Siap, Tinggal Menunggu Mesin

Jakarta - Sebagai salah satu produsen di pasar gadget Tanah Air, Oppo menyambut baik aturan pemerintah soal TKDN (Total Kandungan Dalam Negeri) sebesar 40% bagi ponsel 4G. Hal ini dibuktikan dengan pembangunan pabrik perakitan ponsel di Indonesia yang sudah direncanakan sejak tahun 2014.

Kini pabrik yang terletak di kawasan Mauk, Tangerang, Banten itu dikatakan hampir siap beroperasi. "Bangunan sudah jadi, tinggal menunggu mesin yang akan didatangkan dalam satu sampai dua bulan mendatang," ujar Aryo Meidianto A. Media Engagement PT. Indonesia Oppo Electronics di Meradelima Resto, Jakarta (25/2/2015).


Oppo sendiri menargetkan pabrik yang memiliki luas 2,7 hektar itu dapat beroperasi pada bulan April 2015.


"Selain menunggu mesin, kami juga sedang dalam tahap perekrutan karyawan," tambah Aryo. Untuk jumlah pastinya sendiri Aryo mengaku belum tahu, tapi pabrik tersebut diperkirakan akan menampung karyawan sebanyak 1000 karyawan.


"Intinya pabrik itu dibangun untuk memenuhi persyaratan yang dikeluarkan oleh pemerintah terkait penjualan ponsel kami di Indonesia. Kalau tidak ada investasi di Indonesia, mungkin kami akan sulit untuk memasukkan produk kami di sini," papar Aryo.


Terkait pabrik ponselnya di Tangerang, vendor asal Tingkok ini telah mengucurkan dana hingga USD 30 juta untuk merealisasikan proyek ambisiusnya tersebut.


Untuk jumlah mesinnya sendiri Aryo memperkirakan sedikitnya terdapat 10 line, di mana 1 line-nya ditargetkan untuk memproduksi 500 ribu unit dalam sebulan.Next


(fyk/fyk)