Sensor Nokia Lumia Bantu Temukan Barang Hilang

Jakarta - Nokia tak lama lagi merilis aksesoris untuk deretan ponsel Lumia. Aksesoris yang disebut sebagai Treasure Tag ini, mengkombinasikan Bluetooth 4.0 dan NFC (Near Field Communication) untuk membantu menemukan barang hilang.

Treasure Tag akan berbentuk seperti gantungan kunci, dengan tali strap untuk menggantungkan barang-barang kecil yang sering terlupakan. Aksesoris ini nantinya akan di-pairing dengan ponsel Lumia melalui NFC. Lantas, bagaimana cara kerja Treasure Tag?


Seperti dikutip detikINET dari The Verge, Selasa (30/7/2013), pada dasarnya, aksesoris ini memungkinkan penggguna Lumia melacak keberadaan barang yang digantungkan di tali Treasure Tag, dalam rentang jarak tertentu.


Misalnya saja, ketika lupa menaruh kunci mobil. Dengan bantuan aplikasi khusus, ponsel akan menampilkan letak kunci mobil yang tergantung di Treasure Tag. Aplikasi di ponsel juga akan menampilkan LiveSight dengan teknologi augmented reality sehingga lebih mudah mengetahui letak kunci mobil Anda.


Sebaliknya, jika pengguna lupa menaruh ponsel, mereka juga bisa mencarinya dari gantungan Treasure Tag. Sensor akan menyalakan bunyi notifikasi di ponsel jika jaraknya semakin mendekat.


Sebelumnya, sudah pernah ada aksesoris semacam ini dengan fungsi serupa. Treasure Tag mirip dengan Tile, aksesoris buatan Kickstarter Project ini bekerja dengan iPhone besutan Apple.


Treasure Tag dirancang untuk selalu on dan di dalamnya dibenamkan baterai yang bisa bertahan hingga enam bulan. Nokia sendiri memang mengupdate seri Lumia-nya dengan dukungan Bluetooth 4.0 dan Treasure Tag akan menjadi salah satu aksesoris yang diklaim mendukung low energy.


(rns/ash)