Android Setor Rp 22 Triliun ke Microsoft Tiap Tahun

Jakarta - Microsoft boleh saja bersaing ketat dengan Google di kancah sistem operasi mobile. Tapi tak bisa ditampik, pembesut Windows Phone tersebut mendapatkan keuntungan dari penjualan handset Android.

Seperti diketahui, Microsoft memiliki beberapa paten yang ada di teknologi Android. Nah, sejumlah royalti paten inilah dibayarkan kepada raksasa software tersebut.


Jumlah pundi-pundi yang dibayarkan pun tak sedikit jumlahnya. Malah, menurut estimasi dari analis Nomura, Rick Sherlund, keuntungan paten yang didapatkan Microsoft dari Android bisa mencapai USD 2 miliar atau sekitar Rp 22 triliun per tahun.


Uang ini, dikatakan Sherlund, mampu menolong Microsoft untuk menambah pundi-pundi kas perusahaannya. Karena faktanya, di segmen mobile dan konsol game, tak menghasilkan keuangan. Demikian yang dikutip detikINET dari Bussines Insider, Kamis (7/11/2013).


Selama beberapa tahun terakhir, Microsoft melaporkan kerugian dari divisi Entertainment dan Devices, tempat bernaungnya Xbox, Windows Phone, dan pembayaran-pembayaran royalti Android.


Divisi ini memang selalu tampak menguntungkan, tetapi Sherlund bilang itu terutama karena diselamatkan oleh uang Android.


(tyo/ash)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!