Mantan Bos HTC Bikin Android Kazam

Jakarta - Keluar dari Nokia, mantan karyawannya bikin smartphone Jolla. Kini giliran eks HTC yang melakukan hal serupa. Michael Coombes dan James Atkins yang dulunya merupakan pentolan HTC Inggris ini baru saja meluncurkan smartphone Android besutannya sendiri.

Mengusung sebutan Kazam, mantan bos marketing HTC ini mendirikan perusahaan smartphone sendiri sejak bulan Juni silam tersebut menawarkan dua varian smartphone. Varian Thunder disiapkan untuk masuk dalam kategori kelas high-end, sedangkan varian Trooper untuk mengisi kelas entry-level.


Yang menarik, seluruhnya disebutkan mengandalkan sistem operasi Android versi 'stock' yang merupakan versi orisinil dari Google. Kazam sepertinya tak ingin repot melakukan optimalisasi pada sistem operasi Android yang digunakannya seperti yang umumnya dilakukan oleh banyak produsen smartphone.


Memang bagi pengguna ponsel Android yang hobi ngoprek penggunaan Android versi 'stock' akan lebih memudahkan modifikasi yang dilakukan, namun di sisi lain artinya tak ada fitur spesifik yang bakal ditawarkan oleh smartphone ini.


Adapun untuk varian Thunder, Kazam menghadirkan yang disebutnya Thunder Q.05 dan Q4.5. Bila Thunder Q5.0 masih misteri spesifikasinya, maka Thunder Q4.5 terungkap hanya mengandalkan prosesor quad-core MediaTek dengan kecepatan clock 1,3 GHz dan dukungan RAM sebesar 1 GB.


Sesuai namanya, ukuran layar yang diusungnya memiliki bentang 4,5 inch dengan resolusi hanya 800x480 pixel. Sedangkan untuk varian Trooper memiliki 5 pilihan tipe yakni X3.5, X4.0, X4.5, X5.0 dan X5.5.


Seperti detikINET kutip dari Engadget, Kamis (7/11/2013), seluruhnya mengandalkan prosesor dual core dan kapasitas RAM sebesar 512 MB.


Berdasarkan namanya, ukuran layarnya pun hadir mulai dari ukuran 3,5 inch hingga 5,5 inch. Namun untuk yang ukuran 3,5 inch dan 4 inch resolusinya malah disebutkan lebih rendah dari 800x480 pixel.


(yud/rou)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!