Hongmi dari Xiaomi Ludes dalam Sekejap

Beijing - Xiaomi yang dijuluki 'Apple dari China' kembali bikin kejutan. Smartphone Hongmi alias Red Rice yang baru saja dipasarkannya, lagi-lagi ludes terjual ratusan ribu unit hanya dalam sekejap.

Smartphone Hongmi yang diproduksi khusus pengguna segmen entry level dari operator China Unicom berbasis WCDMA ini habis dipesan dalam waktu 4 menit dan 5 detik melalui situsnya.


CEO Xiaomi Lei Jun, seperti dikutip detikINET dari Cnet, Jumat (8/11/2013), mengungkapkan harga ponsel Hongmi ini USD 131. Smartphone ini tak hanya beroperasi di jaringan China Unicom, tetapi juga di operator 3G dari negara-negara Eropa.


Bukan kali ini saja Xiaomi bikin sensasi. Sebelumnya, 100 ribu unit ponsel Mi-3 besutannya juga laku terjual hanya dalam hitungan 86 detik. Ponsel ini dilepas seharga USD 327 untuk kapasitas 16GB, dan USD 410 untuk 64GB.


Xiaomi memang sukses besar di pasar lokal. Namun, China bukanlah satu-satunya tujuan. Kesuksesan vendor ini membajak pentolan Android dari Google, Hugo Barra, merupakan salah satu indikasi mereka untuk go international.


Kabar tentang kesiapan ekspansi internasional di bawah komando Hugo Barra pun merebak. Konon, negara-negara yang dibidik jadi tujuan Xiaomi adalah kawasan Eropa, Amerika Serikat, dan Asia Tenggara. Kapan masuk ke Indonesia?


(rou/rou)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!