Ngoprek Bareng Forum Ubuntu Indonesia

Jakarta - Komunitas open source di Indonesia makin menggeliat. Forum Ubuntu Indonesia sebagai salah satu wadah open source terbesar di Indonesia, kembali menggelar event tahunan Release Party untuk menggalakkan penggunaan open source.

Acara ‘diskusi panel dan ngoprek bareng’ yang diadakan di gedung BPPT, Jakarta ini mengusung tema ‘Membangun Lingkungan Bisnis dengan Ubuntu’.


Ada 5 pembicara yang dihadirkan: Gary Dean selaku pendiri forum ubuntu Indonesia, Dr. HM. Basyir Ahmad, Anjar Hardeana, HM. Muanzer, dan Teddy Sukardi yang masing-masing menghadirkan tema berbeda dalam setiap presentasinya.


Diawali oleh Dr. HM. Basyir Ahmad, orang yang menjabat sebagai Walikota Pekalongan ini mengedepankan penggunaan sistem berbasis open source pada struktur pemerintahannya yang menurutnya sesuai dengan kebutuhan kota yang dipimpinnya.


Dengan mengandalkan sistem berbasis open source yang jauh lebih terjangkau, menurutnya berbanding lurus dengan pengurangan tingkat kemiskinan di kota Pekalongan.


Hal tersebut dimungkinkan karena alokasi dana yang dibutuhkan untuk aspek TI dapat jauh lebih rendah, sehingga dapat lebih banyak dana yang dapat dialokasikan untuk tujuan pengurangan tingkat kemiskinan yang tengah dilakukan pemerintahnya.


Sedangkan Anjar Hardeana sebagai Linux Cloud Computing Consultant pada salah satu perusahaan di Indoensia menekankan dengan mengandalkan Linux, penggunanya akan lebih mudah melakukan kustomisasi sesuai kebutuhan bisnis yang dijalankannya. Yang dapat membuatnya lebih unik sekaligus menarik.Next




ratusan peserta party release forum ubuntu Indonesia


party release forum ubuntu Indonesia


(ki-ka) Dr. HM. Basyir Ahmad, Gary Dean


peserta party release forum ubuntu Indonesia





(yud/ash)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!