Elop Jadi CEO Microsoft, Bing dan Xbox Jadi Korban

Jakarta - CEO Nokia Stephen Elop menjadi kandidat kuat nakhoda Microsoft yang baru. Jika ia akhirnya terpilih menduduki jabatan penting tersebut, Elop kabarnya telah menyiapkan sejumlah 'jurus' untuk merombak bisnis Microsoft, termasuk menjual unit bisnis Xbox dan Bing.

Seperti detikINET kutip dari Bloomberg, Minggu (10/11/2013), salah satu strategi yang akan dijalankan Elop adalah mendobrak tradisi Microsoft terkait software Office di smartphone dan tablet.


Elop disebut-sebut akan lebih merangkul iOS dan Android untuk berjualan Microsoft Office ketimbang hanya fokus di Windows PC dan mobile, seperti yang dilakukan Microsoft selama ini.


Perubahan besar lainnya adalah menjual atau menutup bisnis lain untuk lebih mengerucutkan fokus perusahaan. Adapun produk yang berpotensi menjadi korbannya adalah mesin pencari Bing dan konsol game Xbox yang dinilai oleh Elop tidak terlalu signifikan bagi perusahaan. Keduanya dipertimbangkan untuk dijual.


Microsoft memang belum mengumumkan siapa yang bakal menjadi pengganti Steve Ballmer. Namun selain Elop yang sukses menjual Nokia ke Microsoft, raksasa teknologi yang bermarkas di Redmond itu juga tengah mempertimbangkan CEO Ford Motor Alan Mulally di dalam daftar kandidatnya.


(rou/rou)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!