iTunes Radio Belum Bisa Kalahkan Pandora

Jakarta -

Saat Apple meluncurkan iTunes Radio, banyak yang menduga untuk menjungkalkan layanan sejenis yang sudah lebih dahulu hadir, yakni Pandora. Tapi sayang, prediksi itu masih belum terbukti.


iTunes Radio diluncurkan pertama kali pada September 2013. Sejak dirilis, jumlah jam penggunaannya mencapai 9% hingga kini.


Seperti yang dilansir Bussines Insider, Rabu (6/11/2013), di bulan yang sama saat iTunes Radio hadir, justru pendengar Pandora naik dari 7,77% menjadi 8,06% dari Oktober ke September di Amerika Serikat saja.




Apple mengatakan bahwa saat ini 11 juta pengguna sudah menjajal iTunes Radio sejak pertama kali diperkenalkan.

Jumlah ini memang kalah jauh bila dibandingkan dengan Pandora yang sudah memiliki 70,9 juta pengguna aktif, dengan 1,47 miliar jam mendengarkan musik.



Apple sangat serius menggarap iTunes Radio. Bahkan perusahaan asal Cupertino ini sampai menyewa ahli musik.


Programmer ini diharapkan membantu pemrograman pada stasiun-stasiun radio yang memainkan genre musik tertentu. Tugas lainnya, sang programmer ditugaskan memilih dan mempromosikan lagu berdasarkan perilisan baik dari label rekaman besar maupun label indie.




(tyo/ash)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!