BlackBerry: BBM di iPhone dan Android Tak Istimewa

Jakarta - BlackBerry Messenger (BBM) memang telah hadir lintas platform. Namun tak semua fitur istimewa BBM yang ada di handset BlackBerry 10, akan ditawarkan sepenuhnya pada aplikasi untuk perangkat Android dan iOS.

Menurut penuturan vendor asal Kanada tersebut saat berkunjung ke markas detikINET, sejauh ini BBM lintas platform memang hanya menawarkan fitur dasar, yakni sekedar berkirim pesan.


Sementara jika dibandingkan dengan yang ditawarkan pada BBM di perangkat BlackBerry 10, versi yang menghiasi Android dan iOS memang memiliki fitur yang jauh tertinggal.


Misalnya saja, fitur BBM voice dan BBM video yang saat ini hanya dapat dilakukan melalui akses BBM pada perangkat BlackBerry 10. Ditambah lagi kelebihan lainnya yang hanya dapat ditawarkan oleh BBM pada BlackBerry 10, semisal integrasi dengan BlackBerry Hub yang memudahkan penggunanya saat ada notifikasi yang masuk, serta kelebihan-kelebihan lainnya.


"BBM memang telah dapat digunakan pada platform lain (Android dan iOS), namun fitur-fitur istimewa BBM sepenuhnya hanya dapat dirasakan pada aplikasi BBM pada BlackBerry 10, karena tidak seperti BBM lintas platform yang hanya berupa aplikasi, BBM pada BlackBerry 10 merupakan bagian dari sistem operasi tersebut,” ucap Ardo Fadhola, Senior Country Product Manager BlackBerry Indonesia.


Meski tidak seluruh fitur istimewa BBM tersedia bagi pengguna Android dan iOS, nyatanya hanya seminggu setelah peluncurannya aplikasi pesan instan tersebut telah memikat lebih dari 20 juta pengguna.


(yud/rou)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!