Biaya Produksi iPad Air Lebih Mahal

Jakarta - iPad Air hadir dengan spesifikasi baru dan lebih tipis serta ringan dari sebelumnya. Tak cuma paling tipis dari versi lalu, biaya produksi iPad generasi kelima ini juga jauh lebih mahal.

Memang soal harga, Apple tak berubah saat menjual iPad Air yakni sebesar USD 499 untuk versi 16 GB WiFi only. Tapi biayanya produksi berbeda dibandingkan iPad generasi sebelumnya.


Di iPad sebelumnya, rata-rata biaya produksi untuk membuat iPad sekiyar USD 229 atau Rp 2,3 jutaan. Nah, di iPad Air jumlahnya meningkat antara USD 274 sampai USD 361.


Prediksi yang disampaikan oleh IHS Supplies tersebut juga menyebut, biaya paling besar dikeluarkan untuk iPad Air adalah layar. Total mencapai USD 133 dengan perincian USD 90 bagian layar dan USD 43 komponen touchscreen.


Dikutip detikINET dari All ThingsD, Rabu (6/11/2013), komponen yang tak kalah pentingnya adalah prosesor dengan nilai USD 18. Seperti diketahui, iPad Air menggunakan prosesor A7 dengan dukungan arsitektur 64-bit.


IHS Supplies juga memprediksi margin kotor dari penjualan iPad Air termurah tak lebih dari 45% dari harga jual.


(tyo/ash)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!