Giliran CEO Acer Mundur

http://us.images.detik.com/content/2013/11/06/319/ceoacer.jpgCEO Acer J.T. Wang (gettyimages)


Jakarta - Pergantian pucuk pimpinan di raksasa teknologi tak hanya terjadi di BlackBerry. Kini, giliran CEO Acer J.T. Wang yang mengumumkan pengunduran dirinya.

"Acer telah melalui banyak tantangan yang keras dan kompleks dalam beberapa tahun terakhir," kata Wang, dalam pernyataan resmi perusahaan seperti dikutip detikINET dari Mashable, Rabu (6/10/2013).


"Dengan hasil laporan keuangan yang buruk, maka ini waktunya bagi saya untuk menyerahkan tanggung jawab kepada tim kepemimpinan yang baru untuk menapaki era baru," lanjutnya.


Posisi kosong yang ditinggalkan Wang selanjutnya bakal digantikan oleh Presiden Acer Jim Wong. Perubahan posisi ini akan mulai berlaku pada 1 Januari 2014.


Meski bakal lengser sebagai CEO Acer di awal tahun, Wang tetap akan menduduki kursi chairman sampai Juni 2014.


J.T. Wang sendiri mengambil alih posisi CEO Acer sejak tahun 2005. Namun seiring pamor PC yang kalah bersinar dari perangkat mobile, bisnis Acer kena imbasnya.


Pada laporan kuartal III 2013, Acer dilaporkan mengalami rugi bersih USD 446 juta. Produsen PC asal Taiwan ini juga siap memangkas 7% jumlah karyawannya untuk menekan pengeluaran.


Sementara pada kuartal II, kerugian Acer tercatat USD 236 juta. Padahal pada kuartal I, Acer masih mendapatkan net profit USD 17,4 juta.


Kondisi bisnis PC yang suram ini sejatinya tak hanya diderita Acer. Secara global, menurut data IDC, penjualan PC di kuartal II 2013 anjlok 11,4% dibandingkan periode sama di tahun sebelumnya.


Khusus untuk Acer, IDC memprediksikan pengapalan Acer turun sampai 32,6% secara year on year. (ash/rns)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!