Apple Masih Belum Bisa Berpaling dari Samsung

Jakarta - Apple dan Samsung bisa jadi musuh abadi dalam perebutan singgasana raja smartphone dunia. Apalagi kalau sudah urusan paten, bisa sampai bunuh-bunuhan di pengadilan. Tapi lain hal kalau bicara pasokan komponen, keduanya benci tapi rindu.

Tepat, benci tapi rindu. Keduanya sama-sama tak mampu berpaling kalau sudah bicara urusan jeroan smartphone. Apple butuh Samsung, pun demikian sebaliknya yang butuh jualan pasokan komponennya. Samsung tak bisa membayangkan kalau Apple benar-benar move on tak lagi mau beli dari dia.


Sejak lama, Apple memang telah dilaporkan tak kuasa untuk tidak mengandalkan komponen Samsung dalam urusan jeroan gadget besutannya. Apalagi sempat dikabarkan bahwa prosesor A7 milik Apple sebenarnya diproduksi oleh Samsung.


Dari kabar terbaru yang berkembang, kembali diungkapkan bahwa hal serupa kemungkinan besar akan terjadi lagi pada saat Apple memproduksi prosesor A8 untuk iPhone 6 yang sekiranya dirilis pertengahan 2014 mendatang.


Menariknya lagi, ternyata tak hanya untuk prosesor A8 saja Apple masih akan mengandalkan Samsung. Seperti detikINET kutip dari Ubergizmo, Kamis (12/12/2013), prosesor A9 pun bisa jadi masih akan tetap melibatkan Samsung, meski Apple juga mulai dikabarkan lirik-lirik sana-sini.


Samsung kabarnya tidak serta-merta memproduksi seluruh prosesor A8 untuk Apple. Karena disebutkan, Samsung hanya akan dijatah 30% hingga 40% untuk kapasitas produksi prosesor A8 nantinya. Sementara sisanya akan diserahkan sepenuhnya kepada TSMC (Taiwan Semiconductor Manufacturing Company).


Bila akhirnya semua isu tersebut benar, tak dapat dipungkiri Apple memang masih belum bisa lepas dari Samsung. Apalagi kedua vendor raksasa ini memang telah saling bekerja sama sejak lama, termasuk pula perseteruannya di 'meja hijau'. Bisnis yang aneh.


(rou/rou)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!