Apple Patenkan Layar Lengkung

Jakarta - Samsung dan LG memang lebih dulu merilis smartphone dengan layar melengkung. Namun tampaknya mereka bisa tersandung masalah saat akan merilis gadget layar lengkung berikutnya. Pasalnya, hak paten gadget ini kini resmi menjadi milik Apple.

'Curved touch sensor', demikian nama paten tersebut, merujuk pada proses teknis yang menghadirkan layar lengkung dengan kualitas lebih baik. Sensor display diklaim super tipis dan sangat sensitif.


Dengan demikian, proses pembuatannya harus ekstra hati-hati karena sangat rentan rusak. Namun Apple seperti dikutip dari Apple Insider, Kamis (12/12/2013) sudah memikirkan cara untuk mengatasinya.


Seperti dideskripsikan pada paten, Apple menempatkan lapisan film tipis di atas material flexible substrate. Material ini kemudian dipanaskan dan dibentuk melengkung tanpa menyebabkan kerusakan.


Dengan metode ini, sensor display menjadi lebih tipis dari desain flat-substrat biasa dan menghasilkan sensitivitas lebih tinggi. Temuan ini memang paling cocok digunakan pada smartphone. Namun Apple berencana memperluas penggunaannya untuk touchpad, mouse, dan perangkat lain.


(rns/fyk)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!