LTE Tak Cuma Juara Soal Data

Jakarta - Teknologi Long Term Evolution (LTE) yang digunakan oleh jaringan seluler generasi keempat (4G) ternyata tak hanya soal evolusi data kencang saja, namun kualitas suara pun juga akan jadi andalan.

Di dalam teknologi baru ini, nanti akan ada yang namanya VoLTE, alias Voice over LTE. Nah, fitur teknologi ini yang coba digadang-gadang oleh Nokia Solutions and Networks (NSN) untuk pasar Indonesia.


"Dengan VoLTE, setup panggilan jadi lebih cepat, kualitas suara juga HD, serta fakta bahwa panggilan suara dapat dilakukan secara efisien," kata Dharmesh Malhotra, Presiden Director NSN Sub Regional Indonesia, di Merchantile, Jakarta, Selasa (10/12/2013).'


Sambungan suara berbasis akses data ini juga diproyeksi NSN akan ikut booming saat LTE resmi dikomersialkan oleh operator seluler di Indonesia tak lama lagi. Bahkan trafiknya diyakini cukup besar, 1 gigabyte data per pengguna per hari dalam Technology Vision 2020.


"Ini wajar karena industri menghadapi permintaan daya yang meningkat secara pesat dan pada saat yang sama harus meningkatkan keuntungan dan pengalaman penggunaan jaringan yang lebih pribadi," tambahnya.


(rou/rou)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!