Tifatul: XL Boleh Ikut Lelang 3G, Tapi Belum Tentu Menang

Jakarta - Kementerian Kominfo akan segera melelang dua blok kanal 3G total 10 MHz di frekuensi 2,1 GHz yang ditarik dari Axis Telekomunikasi Indonesia sebagai syarat persetujuan untuk bisa dikawini XL Axiata dalam merger akuisisi.

Menurut Menkominfo Tifatul Sembiring, lelang akan segera dilakukan di 2014 mendatang, namun tak mau terlalu buru-buru juga. "Segera kita lakukan tahun depan. Tapi tenang saja kita selesaikan dulu ini (proses akuisisi). Jadi woles (santai) saja," ujarnya dengan gaya gaul anak muda di Kantor Kominfo, Jakarta, Rabu (11/12/2013).


Menurutnya, lelang 3G ini akan terbuka untuk semua operator. Siapapun bisa ikut, termasuk XL yang notabene sudah mengakuisisi Axis--pemilik frekuensi yang ditarik.


"Siapapun boleh mengikuti, termasuk XL. Kalau pertanyaannya bagaimana kalau XL menang, lalu berpotensi monopoli. Kan kita belum tahu, XL juga belum tentu menang," ungkap Tifatul diplomatis.


Saat ini, total spektrum frekuensi yang dimiliki sejumlah operator terdiri dari Telkomsel 45 MHz, Indosat 40 MHz, XL 30 MHz, Hutchison 30 MHz dan Axis 25 MHz.


Nah, artinya bila XL yang memenangkan semua frekuensi yang tersisa di 3G maka XL akan mendapatkan 50 MHz, jauh lebih banyak dari Telkomsel. Jika XL hanya mendapatkan 5 MHz pun masih lebih banyak dari Indosat.


(rou/tyo)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!