Ini Alasan Orang Suka Berfoto Selfie

Jakarta - Selfie. Kata ini semakin ramai dipakai sebagai hashtag di situs jejaring sosial seperti Instagram, Path, dan Facebook. Hashtag ini biasanya disertai foto diri si pemilik akun.

Kata selfie semakin banyak dipakai seiring kehadiran gadget yang dilengkapi dengan kamera depan, sehingga memudahkan pengguna memotret dirinya sendiri. Bahkan, saking populernya kata ini, pada November lalu, Kamus Bahasa Inggris Oxford mengumumkan kata selfie sebagai 'kata paling banyak dipakai tahun ini'.


Kenapa orang senang berfoto selfie? Menurut psikolog Diana Parkinson, selfie kini menjadi cara baru untuk berkomunikasi yang bisa diterima secara luas.


"Ini adalah bentuk modern dari trik menarik perhatian karena sekarang ini sebagian besar orang bertemu dan berkomunikasi secara online, begitulah kita menggambarkan dan menempatkan diri," ujar Diana dalam wawancara yang dilansir Stylist.


Menurut Diana, memang sudah naluri manusia untuk selalu mencari perhatian lawan jenis atau sesamanya. Jika di zaman dulu, orang melakukannya dengan lukisan, kini dibuat dengan memasang foto selfie di situs jejaring sosial.


Psikolog klinis Salma Prabhu sependapat dengan Diana. Menurutnya, foto selfie memang cara baru untuk menarik perhatian. Foto tersebut merupakan cara untuk menunjukkan pada dunia seberapa keren diri kita.


"Anak-anak muda mencari pujian instan. Membangun kepercayaan diri melalui nilai akademis tidak lagi cukup untuk mereka," tambahnya seperti dikutip dari Times of India.Next


(eny/rns)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!