Nokia Sodorkan Augmented Reality m-Banking BII

Jakarta - Upaya Nokia mengerek popularitas ponsel Lumia yang mengusung OS Windows Phone 8 dilakukan dengan cara yang cukup unik. Bersama dengan Bank Internasional Indonesia (BII), keduanya berkolaborasi menawarkan aplikasi mobile banking dengan teknologi augmented reality.

Makin ciamik lagi kala teknologi augmented reality ini dikombinasikan dengan HERE Maps, pengguna disuguhkan kemudahan saat mencari lokasi ATM terdekat. Hal ini membuat aplikasi mobile banking BII yang dijalankan di Nokia Lumia memiliki kelebihan tersendiri dibanding pada platform lainnya.


"Berbagai fitur unggulan yang hadir merupakan upaya BII menyodorkan kenyamanan bagi nasabah dalam mengakses layanan yang sesuai dengan kebutuhannya, terutama bagi nasabah pengguna platform Windows Phone," ujar Iwan Agus, Head of Electronic Channel BII di Kembang Goela, Jakarta.


Layaknya kebanyakan aplikasi mobile banking, transaksi yang umum digunakan oleh nasabah bank juga ikut ditawarkan di dalam aplikasi m-banking BII di Nokia Lumia, semisal pengecekan saldo, transfer antar bank, hingga pembayaran tagihan.


Pun demikian, aplikasi m-banking ini masih mengandalkan SMS-based sebagai carrier transaksinya. Dengan begitu setiap transaksi perbankan yang dilakukan seperti pengecekan saldo, penggunanya akan dikenakan tarif SMS untuk tiap transaksi yang dilakukan.


"Alasan kami mengandalkan SMS-based bukannya data-based adalah karena menurut kami jalur SMS jauh lebih reliable dibanding koneksi data. Selama ada jaringan GSM, pengguna mobile banking BII di Windows Phone di pelosok Indonesia pun akan tetap dapat melakukan transaksi," pungkas Iwan.


(rou/rou)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!