Supermicro Perkenalkan Super Komputer Hemat Energi

Jakarta - Supermicro memperkenalkan sebuah solusi super komputer yang hemat energi dan cocok dikonfigurasikan dengan berbagi daya atau kinerja 1U, 2U, 3U 4U, Superblade dan platform 6U Microblade.

"Supermicro bangga dapat menyumbangkan desain server efisien-energi dan keahlian teknologi kami untuk proyek superkomputer ramah lingkungan di seluruh dunia," kata Charles Liang, President dan CEO Supermicro, seperti dikutip detikINET dalam keterangan tertulis, Rabu (11/12/2013).


Solusi yang ditawarkan Supermicro ini mulai dari dari high density compute 1U 4x GPU dan SuperServer 4U 2-node 12x GPU FatTwin (SYS- F647G2- FT+) hingga inovasi arsitektur 4U baru dengan aliran udara mengoptimalkan zona pendinginan independen CPU/GPU yang mendukung slot ganda 150W CPU, 8x 300W GPU, slot 24x DIMM dan onboard dual 10GbE (SYS-4027GR-TRT).


Bukti bahwa solusi yang ditawarkan Supermicro ini mendapatkan pengakuan adalah, penempatan nomor satu oleh Green500 untuk solusi Tsubame-KFC, yang menyoroti efektivitasnya.


"Efektivitas SuperServer 1U empat GPU kami untuk memaksimalkan kepadatan komputasi dan kinerja per watt, per meter persegi. Upaya kerja sama dalam industri superkomputer akan memiliki pengaruh abadi untuk generasi mendatang," tambahnya.


Tsubame-KFC yang dikembangkan oleh Profesor Satoshi Matsuoka dan Titech adalah superkomputer sangat ramah lingkungan menggunakan teknologi server efisien-energi dengan kinerja-tinggi terbaru yang dirancang untuk mencapai pemecahan rekor dunia untuk kinerja/efisiensi daya sebesar 4.5 GFLOPS per watt.


Solusi ini menyatukan teknologi terdepan untuk mencapai tujuan tersebut dengan akselerator GPU berkinerja tinggi dari Nvidia, platform server efisien-energi, kepadatan-tinggi dari Supermicro dan solusi rak hemat energi ramah lingkungan dan pendinginan yang paling inovatif dari Green Revolution Cooling.


"Tsubame-Kfc menyoroti kemampuan sebenarnya dari solusi perendaman-cairan CarnotJet kami untuk secara dramatis mengurangi konsumsi energi pendingin di instalasi HPC," kata Christiaan Best, CEO dan Pendiri Green Revolution Cooling.


"Edisi ke-14 dari daftar Green500 menandai sejumlah pengalaman pertama, yang semuanya melibatkan Tsubame-KFC," kata Wu Feng dari Green500. " tambahnya, seraya menambahkan Tsubame-KFC adalah super komputer pertama yang telah menembus batas 4 gigaflops/watt.


(tyo/rou)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!