Qualcomm Mendadak Umumkan Pergantian CEO

Jakarta - Qualcomm Inc, produsen chip ponsel terbesar di dunia, mendadak mengumumkan suksesi CEO (Chief Executive Officer). Jabatan bergengsi itu akan diemban oleh Steve Mollenkopf yang saat ini menjabat sebagai COO (Chief Operating Officer).

Mollenkopf akan menggantikan Paul Jacobs dan akan efektif menjabat pada bulan Maret 2014. Diduga kuat, Mollenkopf dipromosikan karena ia diincar menjadi CEO Microsoft.


"Eksekutif kami memang sangat berbakat. Pergantian ini lebih cepat dari yang direncanakan namun kami ingin menjaga manajemen tetap berjalan lancar," kata Jacobs yang akan menempati posisi Chairman sesudah lengser sebagai CEO.


Microsoft kabarnya mendekati Mollenkopf untuk menjadi CEO barunya sepeninggal Steve Ballmer. Namun dengan diangkatnya Mollenkopf sebagai CEO Qualcomm, maka sudah pasti ia tidak akan menjadi bos Microsoft.


"Mollenkopf akan menjadi CEO Microsoft yang bagus, namun Qualcomm tidak mau kehilangan dia," sebut Chris Rolland, analis di FBR yang dikutip detikINET dari Reuters, Sabtu (14/12/2013).


Microsoft sendiri sedang kelimpungan mencari CEO yang paling tepat. Dengan hilangnya Mollenkopf dari daftar dan juga CEO Ford yang terindikasi tidak mau pindah ke Microsoft, saat ini belum jelas siapa kandidat kuat CEO mereka.


(fyk/fyk)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!