Rumah Para Raksasa Teknologi di 'Bukit Silicon'

Austin, Texas - Di kalangan penggiat teknologi, nama Silicon Valley memang jauh lebih popular. Namun Amerika Serikat tak punya cuma 'Lembah Silicon', ada juga Silicon Hill alias 'Bukit Silicon' yang juga jadi rumah para raksasa teknologi.

Adalah Austin -- ibukota dari negara bagian Texas -- yang menjadi tempat bernaungnya kawasan yang disebut sebagai Silicon Hill tersebut. Di sini, bisa ditemui sejumlah markas besar, kantor perwakilan atau pusat riset dan pengembangan dari para vendor teknologi.


Mulai dari Advanced Micro Devices (AMD), Apple, eBay, Google, IBM, Intel, Texas Instruments, 3M, sampai Dell. Austin juga menjadi 'surganya' para startup lantaran begitu banyaknya para startup yang merintis bisnisnya dari kota ini.


Menurut data Austin Chamber of Commerce, kota ini pada tahun 2012 lalu mendapat gelontoran investasi sebesar USD 621 juta. Menariknya, bisnis software dan semokonduktor mendapat porsi yang signifikan dari total investasi tersebut, mencapai 43%.


Para pemilik modal begitu rajin mengucurkan dananya kepada para startup tersebut. Hal ini dipercaya karena Austin diyakini akan menjadi kota yang dapat melahirkan inovasi teknologi.


Keberadaan kampus populer University of Texas juga memberi imbas yang signifikan untuk meningkatkan kepercayaan para investor tersebut. Selain tentunya, para raksasa teknologi sudah lebih dulu membangun markasnya di Austin.


John Thornton, General Partnert AustinVentures selaku salah satu investor, mengungkapkan bahwa industri software, chip, dan enterprise solution jadi motor penggerak para penggiat teknologi di Austin.Next


(ash/fyk)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!