Dell Merdeka, Dell Bergelora

Austin, Texas - Di panggung Dell World 2013 yang dihelat di Austin, Texas, Michael Dell tak bisa menyembunyikan kebahagiaannya untuk mengumumkan kembali 'kemerdekaan' Dell Inc., raksasa teknologi yang didirikannya 30 tahun lalu.

Ya, Dell baru saja kembali menjadi perusahaan privat (tertutup), setelah sebelumnya merampungkan pembelian seluruh sahamnya di Wall Street senilai USD 24,4 miliar bersama Silver Lake Partners. Hal ini juga mengakhiri perjalanan Dell selama 24 tahun sebagai perusahaan publik alias terbuka (Tbk).


"Kami sangat antusias dengan hal ini. Seperti yang telah diketahui, kami telah menjadi perusahaan privat lagi, dengan kekuatan finansial dan capital structure yang kuat," ujar Michael Dell, di hadapan ribuan audiens yang menyesaki event Dell World 2013 -- termasuk detikINET -- di Austin Convention Centre di Austin, Texas, Amerika Serikat, Kamis (12/12/2013).


"Sebagai perusahaan privat maka kami memiliki kebebasan untuk memilih langkah yang dirasa perlu, seperti gencar melakukan investasi, di negara berkembang, serta memberikan layanan yang fokus kepada pelanggan," jelasnya.


Michael memang tidak dengan lantang menyebut bahwa saat masih jadi perusahaan terbuka, pihaknya terkekang dalam melakukan ekspansi dan mengambil keputusan strategis. Sebab hal itu masih harus dikoordinasikan dengan para pemilik saham.


Pun demikian, terlihat dengan jelas bahwa antusiasme Michael begitu menggelora saat memaparkan berbagai rencana perusahaan yang dibangunnya pada usia 19 tahun tersebut setelah resmi kembali menjadi perusahaan privat.


"Tahun ini merupakan tahun yang sangat penting bagi Dell. Kami telah membuat sejumlah progres strategi dan memiliki program baru, dan tentunya, kami telah kembali menjadi perusahaan privat," imbuh Michael Dell.Next


(ash/fyk)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!