Ekspansi Papua, Telkomsel Tak Cuma Orientasi Bisnis

Yogyakarta - Telkomsel akan lebih gencar berekspansi ke wilayah Indonesia bagian timur di 2014 mendatang. Tak cuma mengandalkan layanan telekomunikasi konvensional seperti voice call dan SMS, tapi juga layanan data.

Pasar layanan data dinilai berprospek cerah bagi operator seluler yang telah mengantongi lebih dari 128 juta pelanggan itu. Kabel bawah laut yang akan terhubung hingga Sorong di Papua, kian mengukuhkan eksistensi Telkomsel.


Proyek kabel bawah laut yang saat ini tengah dikerjakan oleh Telkom, induk perusahaan Telkomsel, diyakini oleh sang operator akan menjawab hausnya layanan data di Papua.


"Estimasi akhir tahun 2014 nanti, kabel bawah laut dari induk perusahaan PT Telkom akan bisa tersambung hingga Sorong Papua. Kami antusias dengan prospek layanan data yang cukup besar di Indonesia Timur, termasuk Papua," kata GM Head of ICT Network Telkomsel Kalimantan, Ardhiono Trilaksono, dalam Press Gathering Telkomsel di Yogyakarta.


Ardhiono berkesempatan hadir dalam kegiatan itu mewakili tim ICT Network Telkomsel Area Pamasuka (Papua, Maluku, Sulawesi dan Kalimantan) bersama VP Business Support Telkomsel Area Pamasuka Suryo Hadianto beserta jajaran manajemen Pamasuka lainnya.


Meski penyelesaian kabel bawah laut diestimasi tuntas akhir tahun 2014, Ardhiono memastikan tim network telah menyiapkan antisipasi lainnya apabila rencana itu molor dari jadwal. Kabel bawah laut dinilai penting mengingat kondisi geografis Papua memiliki medan yang sangat berisiko untuk pengembangan jaringan melalui jalur darat.


"Pengembangan jaringan melalui kabel FO (Fiber Optic) bawah tanah, cukup menyulitkan. Untuk itu, penyelesaian kabel bawah laut cukup penting untuk memperkuat layanan data," ujar Ardhiono.Next


(rou/rou)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!