BBM Channel Segera Hadir di iOS dan Android, Kapan?

Jakarta - Sejak resmi dirilis pada November 2013, BBM Channel diklaim BlackBerry mendapat respons positif. Perusahaan asal Kanada ini pun optimistis untuk memperluas ketersediaannya ke platform lain.

"Sejak fase beta-nya Mei tahun lalu, hingga sekarang ada 250 channel yang terdaftar di BBM Channel secara global. Angka ini tentunya masih terus berubah. Apalagi nanti kami akan memperluasnya juga ke BBM for Android dan iOS," kata Krishnadeep Baruah, Senior Marketing Director BBM Asia Pacific BlackBerry.


Dalam wawancara dengan sejumlah media di Capoccaia, Pacific Place, Krishnadeep pun memamerkan keunggulan BBM Channel. Pada kesempatan ini, Krishnadeep juga membocorkan fitur baru yang akan dirilis pada update terbaru, salah satunya kemampuan berbagi lokasi secara langsung via BBM Channel.


"BBM Channel adalah 100% social networks yang terintegrasi pada aplikasi chat BBM. Apa yang kami lakukan pada BBM channel pada dasarnya adalah menyediakan wadah percakapan yang real dan aktif di antara orang-orang, brand, organisasi atau selebritis," paparnya.


Menariknya, bagi brand misalnya, kita bisa melihat seberapa efektif BBM Channel bekerja. Melalui channel yang dibuat, si pengguna bisa melihat seberapa banyak subscriber, jumlah visit, jumlah 'like' atau postingan yang dibuat.


BlackBerry pun tidak melupakan kontrol privasi. Pengguna bisa memilih untuk membuat channel-nya menjadi private. Dengan demikian, channel tersebut berjalan namun tidak dilihat secara publik, melainkan hanya bagi kalangan tertentu yang disasar berdasarkan invitation.


"Misalnya, Anda ingin agar channel bisa dilihat oleh teman atau keluarga. Anda bisa invite mereka. Selanjutnya hanya orang-orang tersebut yang bisa melihat update dari channel Anda," jelasnya.


Dikatakannya, membuat BBM Channel pun cukup mudah. Semua orang bisa membuat channel mereka di bagian create channel. Setelah itu, tinggal mengikuti setiap tahapannya seperti memasukkan identitas, profil, logo, deskripsi dan lain-lain. Setelah itu klik save dan channel Anda pun berjalan.


"Saat ini BBM Channel baru hadir di BlackBerry 10, dan akan diperluas ketersediaannya ke BBM for Android dan iOS. Namun kami belum bisa menyebutkan secara pasti kapan," tutupnya.


(rns/rou)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!