Internet di Indonesia Timur Tumbuh Pesat

Jakarta - Penetrasi internet di kawasan timur Indonesia menunjukkan pertumbuhan yang pesat jika merujuk hasil survei yang dilakukan Badan Pusat Statisik (BPS) bersama Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII).

Kepala BPS Suryamin mengungkapkan, dalam survei bertemakan profil terkini industri internet Indonesia, khususnya untuk antarprovinsi kalangan industri, Sulawesi Utara tercatat sebagai provinsi yang sudah 100% menggunakan komputer dan internet.


Sedangkan peringkat kedua adalah Kalimantan Barat (94,12%), di atas DKI Jakarta sebagai pusat pemerintahan (90,83%). Sementara provinsi pengguna komputer dan internet terendah adalah Maluku Utara (40%).


Survei tersebut juga mengungkapkan bahwa pengguna internet di Indonesia hingga akhir tahun 2013 telah mencapai 71,19 juta orang atau telah mencapai 28% dari total populasi penduduk Indonesia.


Naiknya penetrasi internet di kawasan timur Indonesia tentu tak bisa dilepaskan dari upaya pemerintah melalui Kementrian Kominfo sepanjang 2013 yang berhasil memperkuat infrastruktur internet di daerah-daerah guna pemerataan akses informasi ke masyarakat.


Menkominfo Tifatul Sembiring dalam paparan kinerja akhir tahun mengungkapkan, hingga Desember 2013 telah membangun sebanyak 32.208 satuan sambungan layanan (SSL) untuk desa di wilayah non komersial yang dilayani akses telekomunikasi.


Selain itu juga telah dibangun sebanyak 1.857 Mobil Pusat Layanan Internet Kecamatan (MPLIK), 5.956 pembangunan Pusat Layanan Internet Kecamatan (PLIK) dan 1.222 PLIK di sentra-sentra produktif.Next


(rou/rou)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!