Rekrut Ilmuwan Jenius, Motorola Bikin Perangkat Super Sensitif

http://us.images.detik.com/content/2014/01/16/398/ivanpoupyrev360.jpgDr. Ivan Poupyrev (androidandme)


Jakarta - Motorola baru-baru ini mempekerjakan seorang ilmuwan berbakat untuk menambahkan fitur istimewa di perangkatnya. Tak main-main, ilmuwan yang digaetnya adalah Dr. Ivan Poupyrev, ilmuwan yang dikenal bisa membuat tumbuhan 'bernyanyi'.

Poupyrev beberapa waktu lalu juga masuk dalam daftar 'Most Creative People in 2013' versi Fast Company. Saat ini, dia bergabung dengan Motorola, bekerja di divisi Advanced Technology and Products. Kira-kira apa yang akan disumbangkannya pada Motorola?


Moto X, ponsel pertama yang diproduksi divisi tersebut di bawah pengawasan Google, tampaknya belum terlalu sukses. Nah, rencananya Motorola akan membenamkan teknologi interaksi inovatif pada perangkat barunya. Perangkat ini disebut Motorola secara khusus mendapat sentuhan 'Poupyrev's specialty'.


Poupyrev sendiri sebelumnya menghabiskan lima tahun bekerja sebagai kepala riset ilmuwan di Disney's Carnegie Mellon University Laboratorium. Di sana, dia mengerjakan proyek yang salah satunya berkaitan dengan Swept Frequency Capacitive Sensing.


Teknologi ini, seperti dikutip dari The Verge, Kamis (16/1/2014) memungkinkan hampir semua objek menjadi sangat sensitif terhadap sentuhan manusia dengan single wire.


Poupyrev mendemonstrasikan teknologi ini dengan menyatukannya pada tumbuhan. Ini membuat tumbuhan dapat 'bernyanyi' atau mengeluarkan suara saat dahan atau daun mereka dibelai.


Meski demikian, belum jelas perkawinan teknologi seperti apa yang akan diwujudkan Motorola dengan kreativitas Poupyrev. Yang jelas, Poupyrev sendiri mengaku tak sabar berkreasi di Motorola.


"Dengan cara sederhana, saya bisa membantu membentuk masa depan perusahaan," ujarnya optimistis.


(rns/ash)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!