Demi Ponsel Windows, Microsoft Setor Rp 14,5 Triliun ke Samsung

Jakarta - Microsoft ingin lebih banyak produsen ponsel yang memakai sistem operasi Windows Phone 8. Bahkan kabarnya, raksasa software tersebut rela merogoh kocek sangat dalam agar hal tersebut bisa terwujud.

Microsoft kini memang sudah memiliki divisi ponsel Nokia. Tapi itu saja belum cukup, diperlukan produsen besar lainnya agar ekosistem Windows Phone 8 bisa terbentuk.


Nokia sendiri sebenarnya tidak membuat Windows Phone secara gratis. Sebelum dicaplok, kabarnya Microsoft memberikan subsidi sebesar USD 1 miliar atau setara Rp 12 triliun setiap tahun agar produsen asal Finlandia itu tetap membuat jajaran Lumia.


Hal serupa tampaknya juga akan dilakukan terhadap produsen lain. Seperti dikutip detikINET dari GSM Arena, Kamis (16/1/2013), Microsoft konon memberikan insentif sebesar USD 1,2 miliar atau setara dengan Rp 14,5 triliun kepada Samsung agar mau membuat Windows Phone 8.


Selain Samsung, Microsoft juga memberikan insentif kepada Sony sebesar USD 500 juta, Huawei USD 600 juta dan USD 300 juta lainnya kepada perusahaan yang belum diketahui identitasnya.


Ya, demi menjaga ekosistem Windows Phone agar tetap tumbuh Microsoft memang harus bisa bekerja sama dengan vendor lain, tak cukup hanya mengandalkan Nokia. Tapi apa iya harus dengan cara seperti itu?


(eno/ash)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!