Telkomsel Siaga Banjir di 176 Titik BTS

Jakarta - Untuk mengantisipasi bencana banjir yang kembali terjadi di Jakarta, Telkomsel telah melakukan identifikasi terhadap 176 titik infrastruktur BTS yang berpotensi mengalami gangguan dan terendam banjir, untuk dilakukan peninggian lokasi.

Selain itu Telkomsel juga menyiapkan enam posko siaga banjir di Gedung TTC Buaran, Gedung TTC BSD, Gedung TTC TB Simatupang, Gedung Atrium Mulia, Serang dan Karawang.


Menurut Direktur Network Telkomsel Abdus Somad Arief, di tiap posko akan disiapkan pendukung alat produksi seperti mobile genset, dan juga unit siaga bencana TERRA--Telkomsel Emergency Response & Recovery Activity.


"Pembentukan tim tanggap bencana TERRA merupakan salah satu bentuk kepedulian kami terhadap para karyawan dan keluarganya sekaligus para pelanggan dan masyarakat Indonesia," ujarnya dalam keterangan tertulis, Selasa (14/1/2014).


Menurutnya, tim dengan keahlian khusus di bidang tanggap bencana ini siap menurunkan ke daerah-daerah bencana untuk melakukan evakuasi, sekaligus melakukan recovery bila terjadi gangguan pada jaringan.


"Mengingat ketersediaan jaringan telekomunikasi saat bencana amat penting untuk percepatan tindakan penyelamatan," kata Abdus Somad lebih lanjut. "Berbagai langkah antisipatif kami lakukan untuk meminimalisir dampak yang ditimbulkan oleh bencana alam."


Abdus Somad juga melakukan inspeksi langsung ke Gedung TTC Telkomsel di TB Simatupang untuk memastikan kesiapan jaringan Telkomsel menghadapi potensi terjadinya banjir di Jakarta.


"Sangat penting untuk memastikan kesiapan alat produksi kami demi kelangsungan jaringan dan layanan yang prima bagi pelanggan sekalipun terjadi bencana alam," ujarnya.


Sejak 2010, Telkomsel telah melakukan pelatihan tanggap darurat bencana kepada 300 karyawan di 10 regional Telkomsel. Beragam peralatan yang disiapkan antara lain perahu karet, tenda media center, tenda posko, tenda pengungsi, tenda dapur umum, perlengkapan dapur umum, genset dan alat pendukung lainnya.


(rou/rns)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!