Nintendo Sadar Diri Wii U Kurang Sukses

Jakarta - Nintendo nampaknya sadar diri penjualan Wii U tak akan terlalu sukses di pasaran. Itu sebabnya, perusahaan konsol game asal Jepang ini merevisi besar-besaran target penjualannya dari 9 juta unit menjadi 2,8 juta unit saja.

Seperti detikINET kutip dari Engadget, Minggu (19/1/2014), target penjualan yang tak sampai sepertiganya ini bahkan lebih kecil dibandingkan jumlah Wii U yang berhasil terjual 3,45 juta unit di tahun awal peluncurannya.


Sementara penjualan dari Nintendo 3DS juga tak terlalu bagus. Dari target 18 juta unit, Nintendo hanya berharap bisa laku 13,5 juta unit.


Revisi target besar-besaran tak hanya di konsol saja. Nintendo juga menurunkan target penjualan game terbitannya dari 3,8 juta judul menjadi 1,9 juta saja.


Proyeksi bisnis ini anjlok mengingat penjualannya di musim liburan kemarin sangat mengecewakan. Dampak dari bisnis ini jelas akan memukul kondisi keuangan Nintendo dengan kerugian sedikitnya 35 miliar yen (USD 336 juta) atau sekitar Rp 4 triliun lebih.


(rou/tyo)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!