Inggris Singkirkan Produk Huawei

Inggris - Tampaknya rintangan yang dihadapi Huawei di pasar Amerika Serikat (AS) akan kembali terulang di Eropa, khususnya Inggris. Sejumlah kantor pemerintahan Inggris kabarnya tak lagi menggunakan perlengkapan video conference yang dipasok Huawei.

Lagi-lagi, perlakuan terhadap Huawei ini dilakukan atas alasan keamanan. Pemerintah Inggris, seperti dikutip detikNET dari Cellular-news, Kamis (16/1/2014), khawatir peralatan tersebut rentan dimanfaatkan untuk praktik mata-mata.


Namun tidak dijelaskan dengan pasti, ancaman keamanan seperti apa yang ditemukan di produk Huawei. Banyak pengamat menduga, bisa jadi ini hanya peringatan umum berdasarkan kecurigaan terhadap perusahaan China.


Menanggapi hal ini, Huawei mengaku merasa keberatan. Perusahaan asal negeri panda ini tentu saja membantah tudingan tersebut. Huawei menyebut dugaan tersebut menyesatkan dan sama sekali tidak disertai bukti kuat.


"Perlengkapan video conference kami berdasarkan standar global. Jadi, tudingan bahwa produk kami secara khusus diperuntukkan bagi kepentingan mata-mata, sangat menyesatkan," ujar juru bicara Huawei di Inggris.


Dengan adanya insiden ini, ekspansi Huawei di Eropa pun bisa terkendala. Padahal, demi menyasar pasar telekomunikasi Eropa, Huawei membuka lowongan besar-besaran di sana. Setidaknya, Huawei akan merekrut sekitar 5.500 karyawan di Benua Biru.


Eropa dinilai Huawei menawarkan pertumbuhan potensial lebih besar ketimbang AS. Eropa juga yang akhir-akhir ini memberikan harapan baru, di tengah-tengah ketidakuran di antara AS dan perusahaan-perusahaan asal China.


Seperti diketahui, Huawei dan 'saudara sekampung' ZTE baru-baru ini harus menghadapi investigasi dari pihak berwajib AS. Hubungan yang mengalami pasang surut di antara AS dan China, turut berimbas pada akses bisnis perusahaan asal negeri tirai bambu tersebut ke AS. Huawei dan ZTE misalnya, dicurigai bisa mengancam keamanan nasional AS.


(rns/eno)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!