"Kami semakin optimis dengan perkembangan UseeTV. Hingga akhir 2013 lalu ada sekitar 1,3 juta pelanggan menggunakan layanan tersebut kombinasi streaming dan IPTV. Ini sesuatu yang luar biasa dan sinyal untuk siap dimonetisasi," ungkap Vice President Public Relations Telkom Arif Prabowo di Jakarta, Selasa (14/1/2014).
Ia menjelaskan, tahap awal untuk monetisasi UseeTV adalah dengan menyiapkan kendaraan baru bagi produk siaran digital ini. Sebab menurutnya, selama ini UseeTV dikelola oleh unit bisnis Multimedia Telkom.
"Agar lebih kompetitif dan mandiri, kami dirikan Metra TV pada 8 Januari lalu. Anak usaha baru ini akan mengelola layanan UseeTV nantinya. Operasional dari Metra TV kita perkirakan di kuartal ketiga 2014," papar Bobby lebih lanjut, panggilan akrab Arif Prabowo.
Bobby memaparkan, saham Telkom ada di Metra TV melalui anak usaha lainnya PT Multimedia Nusantara (Metra). Metra TV akan menjalani layanan TV berbayar berbasis kabel dengan bundling akses internet kecepatan tinggi. Sedangkan untuk streaming tetap bisa diakses melalui portal UseeTV.
"Nanti untuk konten Metra TV akan kita sinergikan dengan TelkomVision. Hadirnya Metra TV nantinya akan membuat ekosistem fixed broadband Telkom menjadi lebih bernilai tambah," paparnya lebih lanjut.
Menurutnya, upaya memaksimalkan UseeTV juga bagian dari mengoptimalkan kapasitas true broadband yang tengah dibangun oleh Telkom saat iniNext
(rou/rns)
Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!