Zynga Alihkan Fokus ke Mobile

Jakarta - Developer game Zynga baru-baru ini mengakuisisi NaturalMotion, perusahaan yang membuat teknologi dan game untuk perangkat mobile. Tampaknya developer yang dikenal dengan game FarmVille ini mengganti fokus jangka panjangnya.

Seperti dikutip dari Softpedia, Senin (3/2/2014), nilai transaksi akuisisi Zynga atas Natural Motion mencapai USD 527 juta. Ini sudah termasuk dalam bentuk pembayaran tunai dan nilai ekuitas.


Ironisnya, dalam waktu bersamaan, Zynga juga mengumumkan PHK sebanyak 314 orang karyawannya. Keputusan tidak populis tersebut memangkas sekitar 15% dari jumlah tenaga kerja Zynga saat ini.


Lantas apa yang akan dilakukan Zynga terhadap NaturalMotion? Perusahaan ini akan membantu Zynga menyajikan lebih banyak judul game di perangkat mobile. Ini adalah akuisisi besar pertama setelah Don Mattrick, bergabung menjadi bos Zynga setelah meninggalkan divisi Xbox One di Microsoft.


"Akuisisi kami memungkinkan Zynga memperluas ide kreatif secara signifikan, mempercepat pertumbuhan di ranah mobile, dan menghadirkan teknologi generasi serta tool terbaru bagi Zynga untuk menyajikan game yang menggebrak," ujar Don.


Zynga, dikenal dengan sederet sosial game-nya yang populer dimainkan di Facebook. Namun belakangan kejayaannya terus merosot. Jumlah pemain gamenya menurun drastis dalam beberapa bulan belakangan. Itu sebabnya, Zynga berupaya mencari alternatif player base, salah satunya dengan merambah ke mobile.

(rns/tyo)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!