'iPhone 6 Pakai Kamera 10 MP'

Jakarta - iPhone 6 diyakini tak akan lagi mengandalkan kamera 8 MP seperti iPhone 5S. Apple akan menyematkan kemampuan kamera yang sedikit lebih tinggi pada iPhone 6 dengan sejumlah improvisasi.

Isu yang bersumber dari salah satu pemasok komponen Apple asal Taiwan ini mengatakan iPhone 6 akan dibekali kemampuan kamera minimal 10 MP atau bahkan bisa di atasnya. Namun sejauh ini yang paling santer berhembus adalah penggunaan kamera 10 MP.


Tak sampai di situ, bukaan pada kamera yang diusungnya pun disebutkan meningkat menjadi f/1.8. Demi mengoptimalkannya, Apple juga dikatakan bakal menyematkan komponen filter terbaru pada iPhone 6.


Bila iPhone 5S mengandalkan filter berjenis hybrid IR, maka iPhone 6 disinyalir akan menggunakan filter berjenis lensa resin yang digarap perusahaan Jepang bernama JSR.


JSR sendiri merupakan pembesut filter kamera dengan Arton Resins. Filter ini digunakan pada banyak produk kamera yang mengusung sensor CMOS. Adapun kelebihannya dibanding filter hybrid IR adalah tingkat kecerahan yang lebih baik dan bobot lebih ringan.


Kelebihan itu pun diklaim mampu memberikan hasil gambar yang lebih cerah. Selain itu bahan resin juga diyakini mampu meminimalkan tabrakan warna yang diakibatkan sensor CMOS.


Adapun bagian lain yang disebut juga mendapat improvisasi, seperti detikINET kutip dari Mac Rumors, Rabu (5/2/2014), adalah komponen Optical Image Stabilization (OIS). Namun belum jelas improvisasi seperti apa yang dihadirkan Apple pada bagian tersebut.


(yud/ash)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!