Catat! Ini Tips Foto Selfie Biar Lebih Menarik

Jakarta - Bagaimana tips foto selfie yang menarik yang tak terlihat terlalu narsis? (Septia Vini, Wanita)

Berikut ini tips-tips yang bisa saya bagikan:


1. Kembangkan rasa percaya dirimu dengan pose alami

Pikirkan hal-hal yang membuat kamu senang dan gembira jika ingin memberi kesan happy, sebaliknya pikirkan hal2 yang membuat kamu sedih jika ingin memberikan kesan melankolis. Kebanyakan orang akan menyukai foto yang otentik (asli). Hindari pose yang terlalu dibuat-buat, misalnya bibir dimanyun-manyunin, atau mata dibelok-belokin (dibesar-besarkan).


2. Memperhatikan komposisi

Biasanya lensa kamera ponsel atau compact sebagian besar termasuk lensa lebar yang dapat membuat foto menjadi distorsi. Maka itu jika memungkinkan, letakkan kamera agak jauh dari kita, gunakan zoom jika memungkinkan supaya proporsi wajah kita tidak cembung. Kalau bisa, manfaatkan fitur self timer dari kamera. Tempatkan kamera agak jauh dari wajah di tempat yang stabil.


3. Perhatikan background

Ada tiang listrik, orang, lewat, kondisi ruang yang berantakan, dapat membuat selfie menjadi kurang menarik. Carilah background yang menarik terlebih dahulu sebelum berpose. Biasanya background yang menarik adalah background yang agak simple misalnya pola-pola garis atau bentuk sehingga tidak mengganggu perhatian pemirsa ke background.


4. Ciptakan kesan misterius

Supaya lain daripada yang lain, ciptakan kesan misterius misalnya menampakkan sebagian dari wajah saja, sisanya tertutup bayangan atau rambut.


5. Lighting

Foto yang bagus sangat tergantung pada kualitas dan arah cahaya. Hindari cahaya dari belakang atau dari depan yang terlalu terang.


(jsn/ash)


http://us.images.detik.com/content/2013/02/22/1204/copyofenche-tjinbaru2.jpgEnche Tjin Enche Tjin mengenal fotografi sejak tahun 1998 saat menuntut ilmu di jurusan Desain Komunikasi Visual. Di tahun 2007, ia beralih ke fotografi digital. Enche aktif di dalam menulis buku, blog, artikel untuk media massa, dan menyelenggarakan kursus kilat serta tur fotografi. Enche juga menerima jasa fotografi terutama event dan portrait. Website: infofotografi.com , Twitter: @infofotografi.

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!