Pembuat Flappy Bird Curang?

Jakarta - Tak butuh waktu lama bagi pembuat Flappy Bird agar gamenya mau diunduh oleh ribuan pengguna Android dan iOS. Ada anggapan bahwa si pembuatnya melakukan praktik curang.

Flappy Bird dilahirkan sekitar Mei 2013. Pada awalnya, game ini mendapat sambutan datar-datar saja. Sampai akhirnya pada awal Desember 2013, burung tersebut mulai memukau banyak orang.


Posisi puncak di daftar top free iPhone app pun langsung direbut Flappy Bird pada pertengahan Januari 2014.


Dong Nguyen, pembuat Flappy Bird yang berasal dari Vietnam, menilai bahwa kepopuleran tersebut hanyalah faktor keberuntungan. Tapi sebuah perusahaan analis software asal Amerika Serikat tidak setuju dengan hal itu.


Carter Thomas dari Blue Cloud Solution menganggap pembuat Flappy Bird melakukan praktik curang dengan menggunakan bot, sebuah aplikasi khusus yang akan secara otomatis mengunduh dan memberikan review baik terhadap game tersebut.


Kecurigaan Thomas berawal dari testimoni pemain Flappy Bird yang terlihat sama. "Terlalu banyak memakai kata 'glitch, 'pipe' dan 'addicting'," katanya.


Kecurigaan Thomas terus menguat setelah melihat rating Flappy Bird yang mencapai 97,777 kali. Jumlah ini jauh lebih banyak dibanding rating aplikasi resmi Twitter.Next


(eno/ash)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!