Pembuat Flappy Bird Tampik Tudingan Main Curang

Jakarta - Sebuah perusahaan aplikasi menuding pembuat Flappy Bird telah main curang. Dugaan ini diawali karena kesuksesan aplikasi tersebut yang terlihat tidak wajar.

Flappy Bird memang tergolong game yang cepat naik daun. Pasalnya, hanya butuh beberapa pekan baginya untuk memuncaki aplikasi paling gratis untuk iPhone.


Kenaikan itu semakin dinilai tidak wajar setelah melihat hasil review game tersebut. Kebanyakan pengguna menuliskan kata-kata yang mirip.


"Terlalu banyak memakai kata 'glitch, 'pipe' dan 'addicting'," kata Carter Thomas dari Blue Cloud Solution.


Peningkatan yang tidak wajar, dan review dengan kata-kata yang terus diulang, membuat Thomas menilai bahwa pembuat Flappy Bird menggunakan bot untuk mendongkrak popularitas gamenya.


Mendengar tudingan yang dilontarkan kepada dirinya. Dong Nguyen, sebagai pembuat Flappy Bird langsung membeli diri. Pria asal Vietnam ini mengaku tidak menggunakan teknik kotor untuk mendongkrak popularitas.


"Saya yakin. Saya tidak memakai jenis promosi apapun," kilahnya, seperti dikutip detikINET dari Huffington Post, Kamis (6/2/2014).


Entah siapa yang benar, namun yang jelas burung aneh itu kini sudah membuat kesal ribuan pengguna Android dan iOS yang berlomba-lomba mendapatkan skor tertinggi.


(eno/ash)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!