Google Glass Kini Jadi 'Senjata' Polisi

New York - Google Glass diyakini dapat membantu dan memudahkan pemerintah untuk melayani masyarakat. Seperti yang dilakukan oleh New York Police Department atau NYPD.

Pihak kepolisian di New York memang tengah menguji coba kacamata pintar tersebut melalui sejumlah perwiranya. Diharapkan, Google Glass dapat mencegah kejahatan dan melindungi masyarakat dari gangguan.


Google Glass yang dipakai oleh para polisi di New York ini merupakan Explorer Edition di mana piranti Google Glass bisa dipasangkan di ragam kacamata. Demikian seperti dikutip detikINET dari Business Insider, Jumat (6/2/2014).


Dengan aplikasi di dalamnya, bisa saja para polisi yang berbekal Google Glass ini dapat lebih mudah mengindentifikasi orang yang berpotensi menimbulkan kejahatan. Misalnya, dengan melakukan X-Ray secara sederhana.


Google Glass pun dapat digunakan oleh pihak Kepolisian New York untuk mengidentifikasi wajah seseorang, sehingga bisa mengetahui dengan cepat mana saja kemungkinan penjahat yang menjadi buronan.


Kepolisian New York bukanlah pelayanan publik pertama yang menggunakan Google Glass ini, sebelumnya kepolisian di Georgia dan pemadam kebakaran di North Calorina juga sudah menjajal piranti yang dapat dipakai ini.


(tyo/rou)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!