Tips Singkat Menjepret Saat Lowlight

Jakarta - Bagaimana mensetting kamera beserta flashnya untuk suasana lowlight agar hasil foto tidak terlihat underexposure ataupun over?

Jawaban:


Untuk mendapatkan hasil foto yang sangat akurat sesuai keinginan, mode flash manual bisa digunakan. Untuk setting exposure kameranya sendiri, saya sarankan mode manual juga. Di kondisi gelap, memakai ISO yang agak tinggi akan membantu menyeimbangkan cahaya lingkungan dan flash.


Misalnya ISO 800 atau 1600. Shutter speed berperan besar dalam memasukkan cahaya lingkungan. Jika ingin cahaya dalam ruangan agak terang atau seimbang dengan flash, gunakan shutter speed yang agak lambat tapi jangan terlalu lambat karena dapat menyebabkan subjek foto menjadi kurang tajam. Cobalah sekitar 1/30-1/60 detik.

(jsn/ash)


http://us.images.detik.com/content/2013/02/22/1204/copyofenche-tjinbaru2.jpgEnche Tjin Enche Tjin mengenal fotografi sejak tahun 1998 saat menuntut ilmu di jurusan Desain Komunikasi Visual. Di tahun 2007, ia beralih ke fotografi digital. Enche aktif di dalam menulis buku, blog, artikel untuk media massa, dan menyelenggarakan kursus kilat serta tur fotografi. Enche juga menerima jasa fotografi terutama event dan portrait. Website: infofotografi.com , Twitter: @infofotografi.

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!