Dibikin 3 Hari, Flappy Bird Sukses Bikin Ribuan Orang Kesal

Jakarta - "Arrggghhh...," beberapa orang yang memainkan Flappy Bird terkadang melontarkan kekesalan demikian. Kesal? Sudah pasti! Tapi tetap saja game ini bikin ketagihan.

Flappy Bird bukanlah game rumit dengan tampilan grafis fantastis. Sebaliknya, desain game ini bisa dibilang ala kadarnya, bahkan terkesan jadul.


Namun ide permainan game besutan developer asal Vietnam ini sukses bikin penasaran para pemainnya.


Dong Nguyen, pembesut Flappy Bird, mengaku tak pernah menyangka sama sekali jika game besutannya itu bakal mendunia seperti sekarang ini.


Nguyen mengatakan bahwa pembuatan Flappy Bird tak memakan waktu lama, cuma sekitar 2-3 hari sudah beres. Dan ia pun tak membuat program promosi khusus untuk melambungkan nama game burungnya tersebut.


Mei 2013 menjadi waktu 'kelahiran' Flappy Bird. Pada awalnya, game ini mendapat sambutan datar-datar saja. Sampai akhirnya pada awal Desember 2013, Flappy Bird mulai memukau banyak orang.


Posisi puncak di daftar top free iPhone app pun langsung direbut Flappy Bird pada pertengahan Januari 2014.


"Popularitas ini mungkin sekadar keberuntungan," ujar Nguyen, dalam sebuah interview dengan Chocolate Lab Apps.


Meski sang pembesutnya merendah, Flappy Bird pada kenyataannya telah sukses memikat dan membuat kesal ratusan ribu orang.


Dalam pantauan terakhir, Flappy Bird telah meraih rating empat bintang dari lebih dari 543.000 review di Apple App Store, sedangkan di Android sudah ada 228.000 review yang didapat. (ash/eno)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!