RAM 512 MB Juga Bisa Android Kitkat, Tapi...

Jakarta - Advan punya rencana mengadopsi Android Kitkat untuk produk smartphone dan tabletnya, tapi tidak sekarang. Kalaupun mau, sebenarnya sih bisa-bisa saja. Tapi ada hal lain yang jadi pertimbangan.

Saat meluncurkan produk terbarunya, Vandroid S5H, Advan lagi-lagi masih mengandalkan Android Jelly Bean 4.2 untuk sistem operasi phablet Quad Core 5 inch yang dibanderolnya seharga Rp 1,499 juta.


Ketika ditanya kapan akan beralih menggunakan update terbaru Android Kitkat 4.4, Direktur Marketing Advan Tjandra Lianto, mengatakan bahwa dengan spesifikasi yang ada sebenarnya sudah bisa. Namun ada tapinya.


"Untuk Kitkat itu minimal RAM-nya harus 1GB. Yang sekarang bukannya tidak bisa, tapi pengaruh ke performanya saja. Tapi tunggu saja, kami akan terus ikuti update dari Google," katanya di Senayan City, Jakarta, Kamis (6/2/2014).


Vandroid S5H yang baru saja diluncurkan, hadir dengan dua pilihan warna, yaitu hitam dan putih dengan balutan line chrome di semua sisi. Phablet ini mengandalkan prosesor Cortex A7 Quad Core 1,2 GHz, memori internal 4GB dan RAM 512MB.


Phablet yang punya kamera 8MP di belakang dan 2MP di depan ini menawarkan layar capasitive display FWVGA 5 inch 845x 480 dan slot memori yang bisa diekspansi hingga 32GB. Beratnya juga cukup ringan hanya 180 gram dengan kapasitas baterai 1.700 mAh.


Tjandra mengatakan, produk ini hanya salah satu di antara puluhan model yang akan dirilis Advan tahun ini. Dari 30 model untuk smartphone dan tablet barunya, 20 di antaranya produk menengah bawah, dan 10 sisanya produk premium kisaran harga Rp 2-3 juta yang kemungkinan hadir dengan spesifikasi tinggi untuk Android Kitkat.


(rou/rou)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!