Lebih Baik Memotret Pakai Mode ETTL atau M?

Jakarta - Saya belum lama membeli Canon Speedlite 430EX II, berhubung saya masih baru dalam mengggunakan flash external ingin bertanya dalam posisi indoor maupun outdoor, lebih baik memakai ETTL atau M ya? Dan bagaimana settingan yang bagus? (Muhammad Ardhian Pramesta, Pria)

Jawaban:


Sebenarnya pakai ETTL atau M keduanya bisa saja membuat foto yang bagus. ETTL itu kata lainnya otomatis, jadi pengukur cahaya kamera dan flash bekerja sama menentukan seberapa kekuatan flash yang cocok untuk kondisi saat itu. Perhitungan itu sangat cepat/instan sehingga ETTL sering digunakan saat kita tidak memiliki waktu yang banyak untuk menyetel kekuatan flash.


Kelemahan mode ETTL adalah kekuatan flash yang dipilih oleh kamera dan lensa mungkin tidak sesuai dengan keinginan kita, misalnya terlalu terang atau terlalu gelap. Di saat demikian, mode manual lebih bagus untuk dipilih, karena kita bisa mengatur kekuatan flash yang berdampak terhadap terang-gelap subjek foto.


(jsn/ash)


http://us.images.detik.com/content/2013/02/22/1204/copyofenche-tjinbaru2.jpgEnche Tjin Enche Tjin mengenal fotografi sejak tahun 1998 saat menuntut ilmu di jurusan Desain Komunikasi Visual. Di tahun 2007, ia beralih ke fotografi digital. Enche aktif di dalam menulis buku, blog, artikel untuk media massa, dan menyelenggarakan kursus kilat serta tur fotografi. Enche juga menerima jasa fotografi terutama event dan portrait. Website: infofotografi.com , Twitter: @infofotografi.

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!