Temui Jokowi, Bos Foxconn 'Kantongi' Rp 10 Triliun Bangun Pabrik

Jakarta - Chairman Foxconn Terry Gou memastikan akan berinvestasi di Indonesia dengan membangun pabrik di Jakarta. Perusahaan elektronika pembuat komponen iPad dan iPhone, bahkan BlackBerry tersebut menyiapkan uang sedikitnya US$ 1 miliar atau kurang lebih Rp 10 triliun untuk bangun pabrik di Jakarta.

"Untuk pabrik baru, periode 3-5 tahun saya katakan sekurang-kurangnya US$ 1 miliar," kata Chairman Foxconn Terry Gou usai MoU dengan Gubernur DKI Jakarta Jokowi di Balai Kota, Jakarta, Jumat (7/2/2014)


Ia mengatakan, pembangunan pabrik Foxconn di Jakarta sangat penting untuk memberikan nilai tambah, sehingga Indonesia tak hanya mengekspor bahan mentah.


Terry berkomitmen dengan pabrik Foxconn akan ada proses bahan mentah menjadi produk yang berteknologi tinggi, hingga produk jadi di Indonesia.


Terry beralasan, menjatuhkan pilihannya berinvestasi di Indonesia khususnya di Jakarta bukan hanya karena Gubernur DKI Jakarta Jokowi yang serius menyiapkan investasi Foxconn. Namun ia juga mengatakan Indonesia memiliki banyak sumber daya anak-anak muda, masyarakat yang baik dan kaya sumber daya alam.


"Saya punya daftar negara teratas untuk investasi termasuk Rusia, China, AS, Meksiko, Brasil, India, tetapi saya katakan bahwa masa depan dimulai di Indonesia," katanya.


Dalam kesempatan yang sama Jokowi mengatakan, pemerintah provinsi DKI Jakarta akan memfasilitasi untuk persiapan investasi Foxconn di Jakarta. Mulai dari perizinan hingga menyediakan lahan untuk Foxconn.


"Dalam kesepakatan tadi kita ingin membantu dalam bidang infrastruktur, perizinan, menyiapkan lahan yang dibutuhkn butuh 200 hektar. Untuk awal 20 hektar. Di KBN (Kawasan Berikat Nusantara) ada provinsi, komersial, BUMN dan swasta," kata Jokowi.


(bil/ash)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!