Beda 1 Miliar Android dengan 1 Miliar iOS

Jakarta - Laporan dari perusahaan analis Strategy Analytics mengungkapkan bahwa 1 miliar perangkat Android berhasil dikapalkan. Hal yang serupa juga terjadi dengan perangkat berbasis iOS di mana sebanyak 1 miliar iDevice dikapalkan.

Namun antara iOS dan Android punya cara yang berbeda untuk mencapai angka pengapalan 1 miliar. Handset berbasis sistem operasi besutan Google ini mencapainya dalam waktu 1 tahun saja, tepatnya sepanjang 2014.


Sementara iOS mencapai 1 miliar pengapalan iDevice adalah hasil akumulasi dari tahun 2012.


Namun yang perlu digarisbawahi adalah iOS merupakan platform tertutup dan hanya dijual bersama dengan produk milik Apple sendiri, sehingga pilihannya terbatas. Sementara, Android adalah sistem operasi bebas yang bisa dipakai oleh vendor apa saja.


Terlepas dari itu, Android tentu saja melesat cepat di tahun 2014 yang lalu. Si Robot hijau mampu menguasai 81% pengapalan handset secara global. Sementara Apple 'hanya' 15%. Demikian yang dikutip detikINET dari Android Authortity, Senin (2/2/2015).


Strategy Analytics juga mengatakan salah satu kunci sukses Andoid di pasar global tidak terlepas dari penjualan di pasar negara besar, seperti China dan Indonesia. Dan itu akan berlanjut hingga tahun 2015 nanti.


(tyo/fyk)