Mengatasi Rintangan dalam Travel Photography

http://us.images.detik.com/content/2013/12/18/1279/angkorwatdalem.jpg(Memotret matahari terbit di Angkor Wat penuh tantangan karena mesti sangat pagi untuk mendahului ratusan wisatawan lain yang juga memiliki niat yang sama)


Jakarta - Liburan akhir tahun sebentar lagi, sebagian besar pembaca mungkin sudah siap-siap mengantisipasi liburan untuk keluarga, atau bersama-sama teman-teman yang hobi fotografi.

Jalan-jalan sambil motret memang merupakan kegiatan yang mengasyikkan tapi juga tidak mudah untuk mendapatkan foto yang bagus. Tantangan utama adalah jumlah wisatawan yang tentu akan banyak memenuhi tempat wisata.


Memotret pemandangan yang penuh wisatawan akan mengganggu perhatian yang melihat foto tersebut dari objek utamanya (point of interest). Kedua yaitu kondisi cuaca yang belum tentu sesuai harapan.


Berikut ini adalah beberapa ide yang mungkin bisa membantu:


1. Berangkat lebih pagi, pulang lebih larut


Supaya bisa memotret dengan bebas dan luas, berangkat lebih pagi dari yang lain penting. Biasanya wisatawan-wisatawan akan tiba di objek wisata setelah makan pagi di penginapan, maka itu jika kita datang lebih pagi, tentunya kita bisa menikmati pemandangan dan memotret lebih leluasa.


Jika memungkinkan, datang lebih pagi sebelum matahari terbit untuk menyaksikan sunrise. Perlu usaha lebih untuk menyaksikan matahari terbit terutama jika jalan-jalan bersama teman-teman atau keluarga yang sulit bangun pagi. Tapi, cobalah meyakinkan mereka untuk bisa bangun pagi sekali.Next


(sha/ash)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!