Ingin Berkuasa Penuh, Apple Bikin Jaringan Konten Mandiri?

Jakarta - Apple saat ini sangat bergantung pada jaringan Akamai dan Level 3 untuk menyajikan aplikasi, konten iTunes, dan update software ke pengguna. Namun, bukan tak mungkin produsen iPhone ini ingin melepas ketergantungan terhadap keduanya.

Kabarnya, Apple ingin membangun jaringan content delivery sendiri untuk menyampaikan kontennya ke konsumen. Kemungkinan ini dikemukakan Dan Rayburn, salah satu analis dari firma konsultan bisnis Frost & Sullivan.


Namun belum ada informasi lebih detail mengenai laporan ini. Namun dikatakan Rayburn, Apple saat ini memang sedang dalam proses membangun jaringannya sendiri.


"Saat ini Apple mengontrol seluruh customer experience, kecuali cara mereka menyajikan konten ke perangkat mereka," kata Rayburn seperti detikINET kutip dari Mac Rumour, Selasa (4/2/2014).


"Selama belum punya hal yang satu itu, mereka tidak bisa punya kontrol penuh. Dengan punya content delivery network sendiri, akan memberikan pengawasan lebih dari yang mereka punya saat ini," sambungnya.


Disebutkan Rayburn, saat ini Apple mempekerjakan begitu banyak orang yang berpengalaman di bidang jaringan berskala besar. Namun belum jelas jenis konten seperti apa yang akan disampaikan Apple dengan jaringan ini.


Saat ini, Akamai Technologies dan Level 3 Communications, menyediakan layanan delivery content untuk Apple. Namun sepertinya perusahaan asal California ini ingin mengambil alih kendali lebih besar yang fokus pada layanan iCloud miliknya service.


Dengan cara ini, Apple berharap bisa menyajikan layanan yang lebih baik bagi konsumen. Sementara itu, juru bicara Apple yang dimintai keterangan menolak memberikan keterangan apa pun mengenai laporan ini.


(rns/rou)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!