Jeroan Galaxy S5, Bagus Mana Sama iPhone 6?

Jakarta - Sudah berkali-kali isu spesifikasi Galaxy S5 lalu lalang di dunia maya. Namun seiring hadirnya undangan resmi dari Samsung yang mengungkap waktu peluncurannya, spesifikasi finalnya pun mulai mencuat. Seperti apa?

Berdasarkan bocoran yang diperoleh dari KDB Daewoo Securities Research, seperti banyak dugaan sebelumnya, Galaxy S5 akan mengandalkan prosesor Exynos 6 yang telah mengusung komputasi 64 bit. Sedangkan varian yang telah mendukung LTE-A menggunakan prosesor Snapdragon 805.


Bedanya, pada bocoran kali ini kecepatan clock-nya juga diungkap yakni 2 GHz untuk Exynos 6 dan 2,5 Ghz untuk Snapdragon 805.


Selanjutnya adalah bentang layarnya, Galaxy S5 disebutkan akan mengusung ukuran sekitar 5,2 inch. Resolusi yang dimilikinya juga sesuai prediksi yang beredar dimana Samsung akan mengandalkan resolusi 2K (2560x1440 pixel).‎


Selebihnya adalah besaran RAM 3 GB dan kamera berkemampuan 16 MP yang kemungkinan juga akan diusungnya. Kemampuan baterainya juga terbilang tinggi dengan 3200 mAh.


Pada bagian laporannya terdapat barisan tulisan dengan aksara Korea, sayangnya belum jelas apakah yang dimaksud adalah fitur pemindai retina ataupun pemindai sidik jari yang mungkin bakal dimiliki Galaxy S5.


Namun yang paling menarik dari laporan tersebut terletak di bagian timeframe waktu rilis. Dituliskan Galaxy S5 akan dilakukan sekitar kuartal pertama dan kuartal kedua tahun 2014 ini. Bila diselaraskan dengan undangan 'Unpack 5' yang baru saja disebar Samsung, artinya bocoran ini boleh dibilang mendekati kebenaran.


Menariknya lagi, laporan tersebut sekaligus membandingkan spesifikasi yang dimiliki Galaxy S5 dengan spesifikasi yang mungkin akan dimiliki oleh iPhone 6.


(yud/rou)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!