Project Tango, Ponsel yang bisa Memetakan Lingkungan

Jakarta - Google punya mainan baru. Dipublikasikan dengan nama Project Tango, pengembangan yang dilakukannya bertujuan menciptakan sebuah ponsel yang mampu memetakan lingkungan sekitar.

Yang tak kalah menarik adalah tim yang mengembangkannya. Project Tango dipimpin oleh Johnny Lee, sosok di balik kendali sensor gerak Kinect dan Wii Remote.


Dalam video pengenalannya, ponsel Project Tango mampu menggambarkan lingkungan yang ada di sekitar seperti dinding atau pintu dengan mengandalkan kamera yang dimilikinya.


Kemampuan ini sendiri telah diadopsi oleh kinect untuk mengenali tubuh gamer hingga ke susunan jarinya.


Dengan kemampuan ini, pengguna seakan-akan dapat membuat sendiri denah 3D tempat yang ditinggalinya semisal rumah.


Pengguna cukup berjalan mengelilingi sesisi rumah dengan kondisi ponsel Project Tango melakukan perekaman. Setelah selesai, seluruh isi rumah yang terekam oleh kameranya akan tampil dalam bentuk sketsa 3D.


Bisa dibilang, itu masih kemampuan dasarnya. Di bagian video lainnya, Google ATAP (Advanced Technology and Projects) yang merupakan tim yang dipercaya Google dalam pengembangan Project Tango, juga menunjukkan kemampuan lain dimana konsep ponsel masa depan ini difungsikan sebagai perangkat Augmented Reality canggih.


Penasaran? Berikut video kecanggihan ponsel bersandi Project Tango ini.


(yud/ash)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!