Sekolah Pintar: Kapur Diganti Tablet PC

Jakarta - Melesatnya perkembangan teknologi, otomatis turut mengubah cara interaksi guru dan murid. Kapur dan papan tulis tak lagi jadi media utama, penggantinya tablet PC.

Ya, ini memang bukan standar baku bagi sebuah sekolah pintar. Melainkan jadi salah satu bagaimana kemajuan teknologi coba disuntikkan ke dalam proses belajar mengajar. Samsung sendiri menyebut solusi ini sebagai Smart School.


Pambudi, dari tim Samsung Smart School yang ditemui detikINET di acara Samsung Forum 2014, menegaskan bahwa solusi Smart School digunakan bukan sebagai pengganti guru.


"Sebaliknya, solusi ini ditawarkan untuk lebih menciptakan suatu interaksi yang lebih erat antara guru dan murid," ujarnya.


Untuk mengimplementasikan Smart School ala Samsung tentunya butuh peralatan dan persiapan khusus.


Dari sisi hardware dibutuhkan sejumlah tablet PC Galaxy Note 10.1 ataupun Note Pro (untuk guru dan murid), back end server, WiFI router, display LCD/LED, serta unit share cast dongle untuk sharing file.


Setelah hardware siap, disempurnakan dengan aplikasi Samsung Smart School yang telah dikembangkan khusus untuk aktivitas belajar-mengajar.Next


(ash/ash)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!