Begini Cara Kerja Pemindai Sidik Jari Galaxy S5

Jakarta - Setelah Apple dan HTC, produsen ponsel yang hampir pasti bakal mengadopsi pemindai sidik jari adalah Samsung. Fitur yang kemungkinan besar digunakan oleh Samsung di Galaxy S5 ini juga telah terungkap cara kerjanya. Bagaimana?

Pada dasarnya sensor pemindai sidik jari yang digunakan pada iPhone 5S dan Galaxy S5 memiliki prinsip kerja yang sama. Keduanya memiliki fungsi dasar sebagai pilihan akses login penggunanya selain sekadar menggunakan PIN.


Namun dibanding iPhone 5S, boleh dibilang pemindai sidik jari pada Galaxy S5 kabarnya memiliki sedikit keunggulan. Tak sekadar sebagai akses login handset, pemindai sidik jari Galaxy S5 juga dapat untuk membuka aplikasi tertentu.


Nantinya pengguna dapat mendaftarkan hingga 7 sidik jari berbeda pada Galaxy S5. Selain sebagai akses login, ketujuh sidik jari yang terdaftar tersebut akan mewakili aplikasi yang diinginkan. Sebagai ilustrasi, saat Galaxy S5 dalam kondisi terkunci, selain untuk membuka kunci, pengguna juga dapat langsung membuka aplikasi BBM dengan memindai sidik jari telunjuknya.


Begitu juga bila misalnya pengguna ingin langsung membuka aplikasi Facebook dari keadaan Galaxy S5 terkunci, cukup memindai dengan sidik jari yang lain, misalnya jari manisnya. Namun sebelum hal itu dimungkinkan, pengguna harus terlebih dahulu mendaftarkan sidik jari dengan aplikasi yang diinginkannya.


Seperti detikINET kutip dari Cnet, Kamis (20/2/2014), seperti halnya iPhone 5S, pemindai sidik jari pada Galaxy S5 juga akan terletak di posisi tombol home, bukan pada layarnya seperti yang dibilang isu yang sebelumnya beredar. Di samping itu, bocoran ini pun sekaligus menepis penggunaan pemindai retina mata yang sempat disebut akan digunakan Samsung pada Galaxy S5. Galaxy S5 sendiri dikabarkan meluncur di Mobile World Congress 2014 akhir Februari ini.


(yud/fyk)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!